Kejaksaan Negeri Jakarta Barat melayani pengambilan SIM-STNK-KIR kendaraan bermotor terhadap pelanggar lalu lintas yang diputus verstek tanpa kehadiran pelanggar di PN Jakbar dan dapat diambil pada hari dan jam kerja | Kejaksaan Negeri Jakarta Barat melaksanakan penegakan hukum dengan hati nurani dan berdasarkan undang-undang. Masyarakat yang akan memberikan masukan, kritik dan saran atau melaporkan suatu tindak pidana korupsi dapat melalui website Kejari Jakarta barat melalui pengaduan@kejari-jakbar.go.id | Isi situs bersifat informatif, bukan merupakan legal opinion dari Kejaksaan R.I. Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based | Kejaksaan Negeri Jakarta Barat bekerja sama dengan Koperasi Teguh Sejahtera Bersama menerbitkan layanan Tilang Cash On Delivery, bagi pelanggar yang tidak mempunya waktu untuk mengambil berkas Tilang, dapat menghubungi melalui Whatsapp di Nomor 0812 8429 9818.

Kejari Jakbar gelar Penkum di kantor Sudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Barat

(10/08/2017) Jakarta – Kejaksaan Negeri Jakarta Barat (Kejari Jakbar) menggelar kegiatan penerangan hukum (penkum) program bimbingan masyarakat taat hukum (binmatkum) pada hari Kamis tanggal 10 Agustus 2017, siang kemarin. Kegiatan penkum dilaksanakan kepada jajaran aparatur pemerintahan pada Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Barat, di Jln. Perdana No. 2, Kel. Wijaya Kusuma RT. 08 RW. 04, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

penkum 3Ketua penkum, Teguh Ananto, SH. MH yang juga menjabat sebagai Kasie Intel Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, saat diwawancarai terpisah menjelaskan pentingnya kegiatan tersebujt diadakan. Teguh menerangkan hal-hal tindakan aparatur pemerintah yang mencoreng pelayanan umum yaitu seperti melakukan Pungutan Liar/ Pungli, praktek suap dan Gratifikasi. Gencarnya pemerintah dalam memerangi pungutan liar disetiap lini pelayanan umum, Kejaksaan Negeri Jakarta Barat juga berperan aktif dalam sosialisasi mencegah dan memberantas praktek-praktek yang merugikan masyarakat. “sehingga diharapkan dengan dilaksanakannya penkum akan dapat tercipta pelayanan umum yang bersih dan terhindar dari praktek suap maupun pungli”, ujar Teguh ketika diwawancarai diruang kerjanya .

Teguh menambahkan beberapa materi hukum yang dipaparkan olehnya yakni sosialisasi Tupoksi dan Kewenangan Kejaksaan RI dalam upaya penegakkan hukum di Indonesia, Delik Pungutan Liar Dalam Layanan Publik, meliputi pengertian pungli, Sektor Layanan Publik yang Rawan Pungli dan Saber Pungli dilingkungan Pendidikan serta ketentuan Pasal perundang-undangan yang mengaturnya, Praktik Suap dan Larangan Gratifikasi.

penkum 2Diakhir kegiatan penkum, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup  Kota Administrasi Jakarta Barat memberikan apresiasi dan terima kasih yang mendalam atas kesediaan pihak Kejaksaan Negeri Jakarta Barat memberikan pengarahan hukum kepada para pegawai dilingkungannya. Materi yang disampaikan juga dinilai sangat tepat sasaran, yakni khususnya terkait Pungli, dimana saat ini pemerintah sedang gencar memberantas praktek Pungli disegala bidang pelayanan umum.

(Tim Website Kejari Jakbar & Tim Penkum)