Kejaksaan Negeri Jakarta Barat melayani pengambilan SIM-STNK-KIR kendaraan bermotor terhadap pelanggar lalu lintas yang diputus verstek tanpa kehadiran pelanggar di PN Jakbar dan dapat diambil pada hari dan jam kerja | Kejaksaan Negeri Jakarta Barat melaksanakan penegakan hukum dengan hati nurani dan berdasarkan undang-undang. Masyarakat yang akan memberikan masukan, kritik dan saran atau melaporkan suatu tindak pidana korupsi dapat melalui website Kejari Jakarta barat melalui pengaduan@kejari-jakbar.go.id | Isi situs bersifat informatif, bukan merupakan legal opinion dari Kejaksaan R.I. Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based | Kejaksaan Negeri Jakarta Barat bekerja sama dengan Koperasi Teguh Sejahtera Bersama menerbitkan layanan Tilang Cash On Delivery, bagi pelanggar yang tidak mempunya waktu untuk mengambil berkas Tilang, dapat menghubungi melalui Whatsapp di Nomor 0812 8429 9818.

PENGADUAN MASYARAKAT / WHISTLE BLOWING SYSTEM (WBS)

Penerimaan pengaduan masyarakat / Whistle Blowing System (WBS) melalui website ini adalah untuk pengaduan yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran perilaku ataupun ketidakprofesionalan Jaksa dan Pegawai dalam melaksanakan tugas.

Kejaksaan Negeri Jakarta Barat tidak akan menindaklanjuti :

  1. Pengaduan yang tidak jelas.
  2. Pengaduan mengenai dugaan terjadinya suatu tindak pidana.
    Perlu diinformasikan bahwa Kejaksaan Negeri Jakarta Barat hanya memiliki wewenang untuk melakukan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu yang diatur secara khusus oleh undang-undang, di antaranya adalah tindak pidana korupsi, perikanan, dan pelanggaran HAM berat yang penyidikannya sudah mendapat persetujuan DPR. Pengaduan atau informasi mengenai dugaan terjadinya tindak pidana tertentu tersebut dapat Anda sampaikan kepada Kejaksaan Negeri Jakarta Barat.

Setiap pengaduan yang diterima melalui website ini akan ditangani oleh Pejabat Pengawasan Fungsional dan Pegawai pada Kejaksaan Negeri Jakarta Barat.

 

SEPUTAR PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN

Berikut ini adalah jawaban atas beberapa pertanyaan penting berkaitan dengan penyampaian pengaduan Anda melalui website Kejaksaan Negeri Jakarta Barat.

  1. Siapa yang boleh menyampaikan pengaduan melalui website ini?
    • Siapa pun dapat menyampaikan laporan pengaduan mengenai dugaan pelanggaran perilaku atau dugaan perbuatan tercela yang dilakukan pegawai Kejaksaan Negeri Jakarta Barat baik Jaksa maupun Tata Usaha.
    • Sepanjang Anda memiliki pengetahuan, informasi atau keterangan mengenai suatu dugaan pelanggaran perilaku atau dugaan perbuatan tercela yang dilakukan pegawai Kejaksaan Negeri Jakarta Barat baik Jaksa maupun Tata Usaha, Anda dapat menyampaikan pengaduan Anda, meskipun Anda bukan merupakan pihak yang terkait langsung dengan dugaan pelanggaran perilaku atau dugaan perbuatan tercela tersebut.
  2. Bagaimana cara menyampaikan pengaduan?
    • Isilah kolom-kolom yg tersedia pada fitur pengaduan yang tersedia dalam website ini.
    • Uraikan tindakan/perbuatan Jaksa atau Pegawai Kejaksaan Negeri Jakarta Barat yang Anda laporkan pada kolom Pengaduan. Upayakan Anda menuliskannya dalam bahasa Indonesia yang baik dan jelas, dengan memuat peristiwa yang berkaitan dengan tindakan/perbuatan yang dilaporkan secara kronologis dan sistematis.
    • Untuk memudahkan tindak lanjut terhadap pengaduan Anda, pastikan Anda mencantumkan informasi-informasi sebagai berikut:
      1. Nama Terlapor (Jaksa/Pegawai Kejaksaan Negeri Jakarta Barat),
      2. Satuan kerja (Kejaksaan Tinggi/Kejaksaan Negeri/Cabang Kejaksaan Negeri) tempat Terlapor bertugas, dan
      3. Nama Tersangka/Terdakwa/materi perkara yang berkaitan dengan pengaduan yang Anda sampaikan (jika tindakan/perbuatan yang dilaporkan berkaitan dengan penanganan suatu perkara).
    • Anda juga dapat melampirkan dokumen-dokumen dalam bentuk file elektronik sebagai bukti/keterangan dari pengaduan yang Anda sampaikan dengan fasilitas upload dokumen yang tersedia pada fitur Pengaduan.
  3. Bagaimana cara mengetahui bahwa Pengaduan yang disampaikan sudah diterima dan tersimpan dengan baik dalam database Pengaduan Kejaksaan? 
    Apabila Anda mencantumkan email Anda dengan benar ketika menyampaikan pengaduan, sistem teknologi informasi dari website Kejaksaan akan mengirimkan email konfirmasi apabila pengaduan sudah diterima dan tersimpan dalam database Pengaduan Kejaksaan. 
  4. Apakah yang akan dilakukan terhadap Pengaduan yang disampaikan? 
    Setiap Pengaduan yang disampaikan akan ditindaklanjuti dengan tahapan penanganan sebagai berikut :
    1. Proses pemilahan laporan pengaduan
    2. Diteruskan ke bidang teknis terkait, apabila materi pengaduan adalah mengenai masalah teknis penanganan perkara.
    3. Ditangani oleh bidang Pengawasan proses telaah
    4. Klarifikasi oleh daerah *
    5. Ada indikasi *
    6. Proses pemeriksaan oleh PPF (Pejabat Pengawasan Fungsional) *
    7. Tidak ada indikasi, Pengaduan dihentikan *
    8. Laporan Hasil Pemeriksaan
    9. Terbukti proses penjatuhan sanksi (ringan, sedang, berat)
    10. Tidak terbukti pemeriksaan dihentikan
    11. Terlapor keberatan atas hukuman disiplin *
    12. Proses Majelis Kehormatan Jaksa **
    13. Pelaksanaan hukuman disiplin

    * optional
    ** khusus untuk jaksa yang diusulkan diberhentikan dengan hormat/tidak dengan hormat.

 

FORMULIR PENGADUAN

PELAPOR
TERLAPOR
* Tidak wajib diisi. Hanya apabila Anda mengetahui identitas Terlapor.
PENGADUAN / WHISTLE BLOWING SYSTEM (WBS)