Kejaksaan Negeri Jakarta Barat melayani pengambilan SIM-STNK-KIR kendaraan bermotor terhadap pelanggar lalu lintas yang diputus verstek tanpa kehadiran pelanggar di PN Jakbar dan dapat diambil pada hari dan jam kerja | Kejaksaan Negeri Jakarta Barat melaksanakan penegakan hukum dengan hati nurani dan berdasarkan undang-undang. Masyarakat yang akan memberikan masukan, kritik dan saran atau melaporkan suatu tindak pidana korupsi dapat melalui website Kejari Jakarta barat melalui pengaduan@kejari-jakbar.go.id | Isi situs bersifat informatif, bukan merupakan legal opinion dari Kejaksaan R.I. Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based |

Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Lilin Jaya Tahun 2021 Tingkat Kota Administrasi Jakarta Barat

(23/12/2021) Jakarta – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jakarta Barat, Dwi Agus Arfianto turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi “Lilin Jaya - 2021 Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022” Tingkat Kota Administrasi Jakarta Barat yang diadakan jajaran Polres Metro Jakarta Barat bersama dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Tingkat Kota (FORKOPIMKO) Jakarta Barat dilapangan kantor Walikota Administrasi Jakarta Barat, Kamis (23/12), pagi tadi. Tampak Walikota Kota Administrasi Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko sebagai Inspektur upacara.

Dalam sambutannya, Walikota Jakarta Barat menyampaikan bahwa Operasi Lilin 2021 dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat akan merayakan natal. Perayaan Natal harus bisa terlaksana sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Pada Saat Natal Tahun 2021 Dan Tahun Baru Tahun 2022.

Walikota menyampaikan ada beberapa hal terkait Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021 bahwa kegiatan pengamanan akan fokus di beberapa hal yaitu :

Mengoptimalkan fungsi Satgas Penanganan COVID-19 diwilayah masing-masing dari tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan hingga skala Nasional.
Penerapan proses Secara tepat 3M, 3 T
Pengetatan pengawasan proses di titik-titik berpotensi kerumunan seperti tempat ibadah, gereja yang akan melaksanakan Ibadah Natal. Turut menjadi perhatian juga pusat-pusat perbelanjaan dan lokasi wisata.
Kebijakan PPKM berlaku mulai tanggal 24 Des 2021 sampai dengan 2 Januari 2022. Periode 10 hari periode batas waktu Lilin Jaya 2021
Petugas akan merekayasa antisipasi aktivitas pedagang kaki lima yang bisa menimbulkan keramaian, supaya ada jarak antara pembeli dan pedagang, terutama dititik yang berpotensi terjadi kerumunan yaitu Kawasan Wisata Kota Tua, Pinangsia, CNI, kawasan pasar Jalan Baru Cengkareng Timur, juga akan dilakukan pengawasan dilokasi keramaian daerah Jln. Daan Mogot, kalideres
Walikota menambahkan bahwa tentunya upaya pengamanan ini bukan sekedar pengamanan rutinitas semata, tapi harus dilaksanakan secara terpadu, tidak boleh dijadikan hanya sebuah agenda rutin tahunan. Kepada para petugas yang tergabung agar lebih peduli supaya perayaan natal dan tahun baru thidak menjadi kluster baru dalam penyebaran COVID-19. Berdasarkan mapping kerawanan, ada beberapa potensi gangguan Kamtibmas seperti potensi adanya ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba pesta miras, perusakan umum dan aksi-aksi kriminalitas, pencurian pemberatan, pencurian dan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor, tawuran antar kelompok, balap liar, dan ancaman kemacetan dan laka lantas. Bertepatan musim penghujan saat ini, ancaman bencana alam banjir tanah longsor, pohon tumbang juga perlu diwaspadai.

Untuk itu Walikota mengharapkan kepada seluruh pihak yang tergabung dalam pasukan Operasi Lilin Jaya 2021 agar mampu menentukan langkah antisipasi proaktif, bertindak cepat, tepat akurat efisien yang dilandasi penindahkan secara humanis, tegas dan terukur.